Lembaga dan Badan Semi Otonom (BSO)

BSO atau Badan Semi Otonom adalah wadah bagi mahasiswa Teknik UGM untuk menyalurkan minat dan bakat di bidang terkait sebagai pengembangan prestasi akademik dan non-akademik.

Lembaga adalah unit yang mewadahi dan memfasilitasi aspirasi mahasiswa FT UGM, serta berjalan sinergis bersama KM/HM sebagai organisasi mahasiswa di dalam Fakultas Teknik UGM.

Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Teknik UGM

MPM KMFT UGM

Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada

Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada merupakan lembaga legislatif yang berada di lingkungan KMFT UGM.


MPM KMFT memiliki 3 fungsi yaitu fungsi perundang-undangan, fungsi aspirasi dan fungsi pengawasan terhadap kegiatan beserta anggaran dana fakultas yang diadakan oleh BEM KMFT UGM dan BSO FT UGM.

Dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya MPM KMFT memiliki sejumlah anggota yang terdiri dari perwakilan masing-masing KM/HM di Fakultas Teknik.

Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Teknik UGM

BEM KMFT UGM

Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada

***

Cendekia Teknika

Cendekia Teknika

Cendekia Teknika

Cendekia Teknika atau yang lebih dikenal sebagai CT UGM merupakan badan semi otonom di lingkungan Fakultas Teknik yang memiliki fokus di bidang akademik dan keprofesian teknik.

CT berfokus dalam pembentukan mahasiswa Fakultas Teknik UGM sebagai insan akademis yang profesional di bidangnya, berwawasan luas, berakhlak mulia dan mengedepankan pembangunan karakter insinyur.

Selain itu CT bertujuan mewadahi potensi mahasiswa teknik melalui manajemen lembaga yang profesional, berkarya nyata, berbasis pada pengembangan kemampuan di bidang akademik dan keprofesian teknik.

Klub Fiagra

Klub Fiagra

Klub Film Anak Grafika

Klub Fiagra atau bisa disebut sebagai Klub Film Anak Grafika adalah salah satu Badan semi otonom (BSO) yang berada di Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

BSO ini bergerak di bidang perfilman dan berfungsi sebagai wadah hobi, pembelajaran dan pengembangan di bidang perfilman bagi mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

Kegiatan Klub Fiagra difokuskan dalam pembuatan/produksi film pendek.

LPKTA

LPKTA

Lembaga Penelitian dan Kajian Aplikatif

Lembaga penelitian dan Kajian Teknik Aplikatif (LPKTA) FT UGM merupakan badan semi otonom yang berfungsi menjadi kelompok studi Fakultas Teknik guna mewadahi mahasiswa Fakultas Teknik melalui koordinasi kegiatan penelitan, kajian ilmu pengetahuan dan teknologi serta aplikasi teknologi dalam berbagai disiplin ilmu.

LPKTA bukan hanya BSO, namun juga merupakan organisasi semi tim sehingga riset LPKTA menghasilkan benda fisik berwujud.

Satu Bumi

Satu Bumi

Solidaritas Teknik Untuk Bumi

Solidaritas Teknik Untuk Bumi atau yang biasa dikenal sebagai SATUB adalah sebuah badan semi otonom yang bergerak di bidang minat dan bakat khususnya kegiatan di alam bebas.

Kegiatan yang dilakukan di Satu Bumi terbagi menjadi 4 bidang yaitu bidang gunung hutan, air/arung jeram, susur gua dan panjat tebing.

Tujuan dari dibentuknya Satu Bumi yaitu untuk mewadahi mahasiswa yang memiliki minat untuk berkegiatan di alam bebas dengan aman. Selain itu Satu Bumi juga bergerak di bidang pengetahuan & keterampilan, pelestarian lingkungan hidup dan Search and Rescue (SAR).

KMT

KMT

Keluarga Muslim Teknik

Keluarga Muslim Teknik adalah sebuah lembaga dakwah yang menjadi forum keluarga untuk seluruh sivitas muslim dan muslimah Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

KMT bertujuan mewujudkan Teknik yang islami secara bersama-sama. Fungsi dari KMT UGM adalah melakukan kaderisasi dan syiar islam di Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

KMT UGM memiliki slogan “Bersama Menuju Keshalihan Pribadi dan Sosial”.

KMKT

KMKT

Keluarga Mahasiswa Katolik Teknik

Keluarga Mahasiswa Katolik Teknik atau yang bisa disebut sebagai KMKT dibentuk pada tahun 1983 secara de facto. Namun, KMKT sendiri baru diakui secara resmi sebagai BSO Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada pada tahun 2008.

BSO ini terbentuk sebagai wadah keluarga dan pengembangan iman mahasiswa Katolik dalam lingkup Fakultas Teknik.

PMKT

PMKT

Persekutuan Mahasiswa Kristiani Teknik UGM

PMKT adalah singkatan dari Persekutuan Mahasiswa Kristiani Teknik UGM. PMKT berfungsi sebagai wadah bersekutu bersama bagi seluruh mahasiswa Kristen FT UGM.

Selain itu PMKT memiliki berbagai kegiatan pembinaan rohani dalam rangka menyiapkan mahasiswa kristiani FT UGM untuk menjadi orang-orang yang dewasa dalam Kristus dan senantiasa menerapkan nilai kristiani dalam setiap aspek kehidupan.

X